Paraformaldehyde

Paraformaldehyde merupakan formaldehyde cair dalam bentuk padat, yang dibentuk oleh polimerisasi formaldehyde dengan tingkat khas polimerisasi 8 -100 unit. Karena paraformaldehyde pada dasarnya merupakan bentuk padat dari formaldehyde atau formaldehyde cair, sehingga memiliki karakteristik yang sama tetapi dengan beragam aplikasi.

PT. Dover Chemical merupakan produser paraformaldehyde pertama dan satu-satunya di kawasan Asia Tenggara yang menawarkan harga kompetitif dengan kualitas produk kelas dunia. Diproduksi dengan teknologi terbaru untuk memberikan kelarutan yang baik, bubuk homogen, dan kandungan asam rendah, sangat cocok untuk semua jangkauan aplikasi dari paraformaldehyde.

Tidak seperti bentuk butiran atau serpihan paraformaldehyde, bentuk bubuk dari paraformaldehyde kami memiliki konsistensi mutu yang lebih tinggi dan kelarutan yang lebih tinggi untuk memenuhi persyaratan mutu Anda dan menghemat waktu pemrosesan.

 


Dalam aplikasi coating, kandungan asam rendah yang terdapat di dalam paraformaldehyde penting untuk pengontrolan glossy yang lebih besar dan stabilitas. paraformaldehyde yang terbuat dari kandungan asam yang sangat rendah di lingkungan tahan kimia dapat mencegah pembentukan asam oleh produk.

Di dalam Laboratorium Mikrobiologi, proses fiksasi (imunofluoresensi) menggunakan konsentrat formalin 4%. Sebuah Blog peneliti disebutkan bahwa mempersiapkan solusi “fresh” dari paraformaldehyde lebih baik daripada menggunakan formalin yang telah disimpan selama beberapa waktu. Hal ini karena lebih banyak terdapat methylene glycol dibandingkan dengan dimer dan trimer oligomers dan solusi seperti formalin 4% tidak memiliki methanol.

Paraformaldehyde dapat digunakan sebagai pengganti dari formaldehyde cair untuk menghasilkan bahan pengikat resin, yang biasanya digunakan bersamaan dengan urea, melamine, phenol, resorcinol, tannin atau pereaksi lainnya dalam pembuatan papan partikel, papan serat, dan kayu lapis.

 

Penggunaan paraformaldehyde dalam produksi resin menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan formaldehyde cair :

  1. Produktivitas yang lebih tinggi dari peralatan yang sudah ada dan sedikit air yang dikeluarkan dari produk resin
  2. Berbentuk bubuk, stabil, dan sangat mudah untuk menyimpan. Penyimpanan paraformaldehyde lebih murah daripada penyimpanan larutan formaldehyde, yang membutuhkan tank mahal dan yang mungkin membutuhkan stabilisasi atau dijaga agar tetap hangat.
  3. Penggunaan paraformaldehyde ini aman dan nyaman. Ini menghindari polusi yang timbul dari pembuangan distilat yang diperoleh dalam produksi thermosetting resin yang terkontaminasi dengan bahan organic
  4. Paraformaldehyde tidak perlu dilarutkan dalam air untuk dapat terlibat dalam reaksi kimia
  5. Meniadakan resiko pengangkutan formalin cair, yang terkenal berbahaya. Sempurna untuk penggunaan dalam jumlah kecil langsung dari karung.

 

Typical Properties

Color

:

White

Appearance

:

Free Flowing Powder

Molecular Formula

:

OH-(CH2O)n-H where n=8 to 100 Units

Paraformaldehyde Content

:

92% ± 1% / 96% ± 1%

Water Content

:

8% ± 1% / 4% ± 1%

Reactivity

:

2 – 8 min

Mean Particle Size

:

250 – 350 µm

Ash

:

0.01 - 0.05%

Bulk Density

:

650 – 850 kg/m3

Melting Point

:

120 – 175  ̊C

pH

:

4 – 7

Flammability

:

combustible, with flash point (tag open cup) of about 93  ̊C

Vapour Pressure

:

varies with air humidity, being between 23 and 26 mmHg at 25  ̊C

 

Pengemasan & Penanganan

-  Polyethylene bag               : 25 KG nett. Other packaging sizes by request.

-  Simpan di tempat yang kering, sejuk dan berventilasi baik. Sediakan pertukaran udara yang cukup / alat pembuangan uap di ruang kerja. Paraformaldehyde akan terurai ke formaldehyde yang dapat terbentuk dalam wadah pengiriman tergantung pada waktu dan suhu selama perjalanan. Tingkat paparan formaldehyde dapat seketika tinggi pada saat container dibuka.

 

Penyimpanan

Simpan dalam tempat yang rapat. Lokasi penyimpanan hanya dapat diakses oleh personil yang berwenang. Pisahkan area penyimpanan dari tempat kerja.

 

Aplikasi

  • Urea-Formaldehyde Resin
  • Phenolic Resin
  • Melamine Resin
  • Fumigation
  • Reagent for organic reactions
  • Coating
  • Pesticide
  • Disinfectant
  • Pharmaceuticals

Untuk info lebih lanjut, tanyakan perwakilan PT. Dover Chemical untuk solusi yang tepat dalam membantu kebutuhan Anda